Sejarah Wisata Kebun Binatang Surabaya Dulu Kebun Botani Dan Binatang

sewa-mobil-wisata-surabaya

Sejarah Wisata Kebun Binatang Surabaya Dulu Kebun Botani Dan Binatang

Please follow and like us:

Kebun Binatang Surabaya sampai sekarang masih menjadi salah satu obyek wisata paling favorit. Saptu, Minggu, dan hari libur, kebun binatang di tengah kota ini selalu padat pengunjung. Lokasi KBS amat mudah dijangkau. Kurang lebih 200 meter kea rah utara terminal mobil penumpang umum (MPU) JOYOBOYO. Tepatnya KBS berada di Jalan Stail No 1 Surabaya.

Sampai saat ini, Wisata Kebun Binatang Surabaya menjadi salah satu kebun binatang paling popular di Indonesia. Hampir seluruh orang Jawa Timur kenal dan pernah mendengar KBS. Tidak hanya itu, KBS adalah kebun binatang terbesar di Asia Tenggara. KBS juga kebun binatang yang terlengkap “penghuninya” (satwanya). KBS memiliki berbagai jenis binatang tropis.

Sampai saa ini, tercatat lebih dari 300 spesies satwa yang berbeda yang terdiri atas 4.300-an binatang menjadi penghuni KBS. Termasuk satwa langka Indonesia maupun dunia yang terdiri atas mamalia, aves reptilian, dan pisces. KBS memiliki pula akuarium, karantina toxidemi, dan ruang noktoruma (binatang malam).

Salah satu kelebihan Wisata Kebun Binatang Surabaya menjadi destinasi wisata yang menarik ialah lokasinya yang praktis masih berada di tengah-tengah Kota Surabaya. Di antara kesibukan dan kepadatan Surabaya sebagai metropolis, ternyata masyarakat menemukan hunian berbagai macam satwa. Sebagian satwa itu biasanya hidup di alam bebas, namun di Surabaya justru hidup di tengah keramaian kota besar.

wisata kebun binatang surabaya
wisata kebun binatang surabaya

Baca Juga : Wisata Tugu Pahlawan Surabaya Monumen Kemerdekaan Merdeka Atau Mati

Wisata Kebun Binatang Surabaya(KBS) Untuk  Edukasi :

KBS merupakan salah satu jenis wisata edukasi (pendidikan) di Surabaya. Pengunjung terutama anak-anak yang masih kecil dan usia pendidikan dini yang diajak  keluarga atau sekolahnya berjalan-jalan ke Wisata Kebun Binatang Surabaya, secara tidak langsung bisa kenal serta memahami kehidupan berbagai macam satwa. Dengan begitu, sejak usia dini, pada anak-anak akan tertanam rasa mencintai satwa dan perilakunya sebagai bagian dari ekosistem alam.

KBS juga merupakan taman satwa. Artinya, tempat atau wadah dengan fungsi utama konservasi ex-situ yang melakukan usaha perawatan serta penangkaran berbagai jenis satwa untuk membentuk dan mengembangkan habitat baru sebagai sarana perlindungan serta pelestarian alam. Upaya pembentukan habitat itu akan dapat dimanfaatkan untuk pengembangan ilmu pengeahuan dan teknologi sebagai sarana rekreasi yang sehat.

Fungsi elementer lain taman satwa ialah memperluas pemahaman dan apresiasi masyarakat tentang fungsi taman satwa, meningkatkan, menciptakan kaitan antara konservasi ex-situ dengan in-situ, serta membentuk jaringan global antar taman satwa.

Dalam hal ini, program pendidikan dan penelitian di KBS antara lain, melaksanakan pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi sebagai wahana keilmuan. Berikut KBS juga merupakan labolatorium hidup untuk lebih mencintai serta menghargai flora dan fauna sebagai kekayaan alam milik kita bersama.

Sampai saat ini, terutama pada hari minggu, hari libur lain, dan hari libur panjang sekolah, Wisata Kebun Binatang Surabaya selalu di penuh sesaki pengunjung. Tidak hanya dari Surabaya, mereka juga berasal dari luar Surabaya. Bahkan banyak turis mancanegara yang mengunjungi KBS.

Karena  itu, KBS menjadi salah satu destinasi wisata unggulan,khususnya wisata edukasi alam  dan habitat di Surabaya. KBS juga menjadi salah satu destinasi wisata di Jawa Timur yang paling banyak  pengunjungnya.

Jatuh Bangun Sejarah Perkembangan Wisata Kebun Binatang Surabaya (KBS):

Untuk kali pertama pada April 1918, KBS dibuka untuk umum dengan membayar tanda masuk (karcis). Pada 21 Juli 1922, karena biaya operasional yang tinggi. Kebun botani (KBS) mengalami krisis. Bahkan sempet akan dibubarkan. Namun beberapa anggota pendirinya tidak setuju. Pada tahun itu pula, melalui rapat pengurus, sempat diputuskan untuk membubarkannya, tetapi bisa di cegah oleh pemerintah Surabaya (waktu itu).

Pada Mei 1923, rapat anggota disimpang restaurant memutuskan untuk mendirikan perkumpulan Kebun Binatang baru. Saa itu, di tunjuk WA Hompes untuk tinggal di dalam KBS dan mengurus segala aktivitasnya. Bantuan besar untuk kelangsungan hidup KBS sampai 1927 berasal dari Walikota Dijkerman dan anggota dewan A. Van Genrep. Mereka juga berhasil membujuk parlemen (DPR) untuk memperhatikan KBS. Akhirnya, melalui SK DPR 3 Juli 1927, di belilah tanah seluas 32.000 m2 dari sumbangan Maskapai Kereta Api (OJS).

Mulai 1939 sampai sekarang luas Kebun Binatang Surabaya meningkat menjadi 15 hektare. Pada 1940, dibuat taman seluas 85.000 m2. Dari jatuh bangun perkembangan itu, KBS sering berubah fungsi. Misalnya, jika sebelumnya sekedar tempat rekreasi, KBS berkembang menjadi sarana perlindungan dan pelestarian, pendidikan, serta penelitian. Jumblah dan jenis binatang-binatang koleksi Kebun Binatang Surabaya (KBS) dari tahun ke tahun terus bertambah, baik dari luar negeri maupun dalam negeri.

Did You Know?

Lahir pada 31 Agustus 1916 :

Kebun Binatang Surabaya (KBS) berdiri jauh sebelum Indonesia merdeka. Dengan kata lain, KBS merupakan salah satu destinasi wisata tertua di bumi Nusantara. Ia didirikan berdasar SK No 40 Gubenur Jendral Belanda tanggal 31 Agustus 1916. Saat itu ketika berdiri KBS bernama “Soerabaiasche Planten-en Dierentuin” ( Kebun Bontani dan Binatang Surabaya ). Pendiri KBS tercatat pula atas jasa seorang jurnalis bernama H.F.K. Kommer. Dia. Si kommer itu, dikenal memiliki hobi mengumpulkan binaang. Tercatat pula bahwa dana Kommer untuk mendirikan KBS berasal dari bantuan  beberapa orang kaya di Surabaya.

Lokasi Kebun Binatang Surabaya (KBS) Pada Awal Kelahiran:

Ketika didirikan pada 31 Agustus 1916, lokasi KBS tidak langsung berada di Jalan Setail No 1, lokasi yang sekarang. Saa itu, lokasi pertama KBS berada di Jalan Kaliondo. Pada 28 September 1917, Kebun Binatang Surabaya pindah ke Jalan Groedo. Pada 1920, atas jasa Oost-Java Stoomtra Maatschappij (Maskapai Kereta Api), KBS pindah lagi ke daerah Darmo. Tidak terlalu jelas daerah Darmo sebelah atau sekitar mana. Saat itu, Maskapai Kereta Api tentu merupakan perusahaan kereta api milik Belanda karena Indonesia belum merdeka, mengusahakan lokasi KBS seluas 30.500 m2.

Visi Dan Misi Kebun Binatang Surabaya (KBS) :

  • Konservasi, pendidikan, penelitian, dan rekreasi.

Keunggulan KBS :

  • Lokasi strategis. Mudah di jangkau dengan kendaraan umum.
  • Di Asia Tenggara, koleksi satwa Kebun Binatang Surabaya (KBS) tercatat paling lengkap.
  • Merupakan taman satwa. Sebab, selain satwa dipelihara dalam sangkar, banyak satwa yang dibiarkan hidup bebas sebagai penghuni di kawasan flora KBS.
Jam Kunjungan :

Buka pukul

07.00 – 17.00 WIB.

Lokasi:

Jalan Setail, Surabaya

Sumber Reffensi :

https://www.idntimes.com/travel/destination/reza-iqbal/31-potret-kebun-binatang-surabaya-1

https://www.jejakpiknik.com/kebun-binatang-surabaya/

Itulah berbagai informasi terkait Wisata Kebun Binatang Surabaya (KBS) , semoga bisa bermangfaat dan bisa menjadi refferensi wisata buat anda. Simak juga berbagai ulasan tempat wisata yang menarik lainnya di Kota Surabaya di halaman Sewa Mobil Surabaya atau bisa kunjungi kami di sewamobilyuliatrans.com

Please follow and like us:

Related posts

× WA kami...