house of sampoerna

Wisata House Of Sampoerna Dulu Panti Asuhan Belanda

Please follow and like us:

Wisata House Of Sampoerna adalah koplek bangunan megah kuno bergaya colonial Belanda. Dibangun pada 1862, saat ini menjadi situs bersejarah yang dilestarikan di Kota Surabaya. Awalnya House of Sampoerna merupakan panti asuhan putra yang dikelola pemerintah kolonial Belanda. Lalu komplek tersebut dibeli keluarga Liem Seeng Tee, pendiri indusri rokok Sampoerna, pada tahun 1932 sebagai lokasi industry rokok.

Wisata House of Sampoerna menawarkan pengalaman unik sebagai destinasi yang di unggulkan pemerintah Kota Surabaya. Mulai dari cerita tentang keluarga pendiri Sampoerna sampai melihat dari dekat fasilias produksi rokok linting tangan dan berakhir dengan pengalaman tak terlupakan melinting rokok kretek dengan menggunakan alat tradisional.

Pengunjung dapat pula bergabung dengan 3000 (tiga ribu) wanita. Dalam pabrik ini yang masing-masing orang dapat melinting lebih dari 325 batang rokok perjam.

wisata house of sampoerna
wisata house of sampoerna

Baca Juga: Kuliner Nasi Goreng Jancuk Jadi Buruan Wisatawan

Pantuan Museum Wisata House of Sampoerna, Art Galery, Kios, dan Kafe:

Museum:

House of Sampoerna sebagai destinasi wisata memadukan obyek kunjungan. Dalam hal ini adalah museum, art gallery, kios, dan kafe di satu kawasan. Perpaduan ini mengandung nilai rekreatif hiburan, sejarah, sekaligus pengetahuan.

Salah satu yang memiliki nilai inspiraif bagi pengunjung House of Sampoerna ialah museum yang menceriakan kisah keluarga pendiri Sampoerna. Kisah tersebut dikemas foto-foto ekslusif dengan sentuhan ornament klasik tempo dulu, lengkap dengan fasilitas yang digunakan dalam produksi rokok ketika masih menggunakan alat tradisional.

Didalam museum juga di perlihatkan banyak jenis tembakau dan cengkeh serta cara prosesnya menjadi rokok. Misalnya, mulai dari mencampurkan, hand-rolling dan pengemasan, pencetakan, sampai, hand-rolling dan pengemasan, pencetakan, sampai pemolesan akhir sebelum rokok di pasarkan.

Ada pula benda-benda langkah seperti sepeda unta, meja, kursih, lemari, dan lampu kuno, telepon zaman dulu, sepeda motor unik zaman dulu, oven tradisional Sumbawa, peralatan drum band, dan marching band, miniature warung tradisional, dan juga brankas zaman Belanda.

Kios:

Di seberang bangunan utama arah timur dari museum terdapat kios bernuasa distro. Kios ini menyediakan banyak merchandise berupa mug, t-shirt, jaket, asbak, topi, tas, dan lain-lain. Barang souvenir ini bisa di beli.

Art Gallery:

Art Gallery berada di bangunan belakang kios dan café. Banyak karya seni hasil seniman terkenal seperti lukisan abstrak dan patung-patung yang dipamerkan di ruangan Art Gallery yang menempati bangunan berlantai dua. Barang-barang di art gallery ini bisa dibeli atau disewakan.

Café:

Tidak jauh dari kios, di arah belakangnya, terdapat café dengan sentuhan art deco nan kreatif. Seputar café ini dilengkapi aneka hiasan lukisan-lukisan, dengan meja, kursi, jendela, dan lampu-lampu klasik. Nuansa modern-old design sangat terasa di sepanjang ruangan kafe.

Di kafe ini pula pengunjung bisa menikmati live music untuk menemani makan minum khususnya di malam hari. Menunya pun memanjakan selera. Ada makanan tradisional Surabaya, Jawa Timur, makanan khas Asia dan khas Eropa.

Rumah Keluarga Sampoerna:

Beda dengan museum, kios, kafe, dan art gallery, rumah keluarga Sampoerna tidak terbuka untuk umum. Lokasinya di sebelah Barat Museum. Nah, di ruang terbuka di antara museum dan rumah keluarga Sampoerna ada tempat parkir mobil Rolls Royce. Mobil ini di beri plat nomer SL 234. Plat nomer ini melambangkan merk dagang rokok produksi Sampoerna. Ia adalah Djie Sam Soe yang kalau ditulis dengan angka menjadi 234.

Rute Menuju Lokasi Wisata House of Sampoerna:

Jarak dari Jalan Tunjungan – Embong Malang, pusat Kota Surabaya, ke lokasi House of Sampoerna di Jalan Taman Sampoerna No 6 Surabaya, kurang lebih 5,4 km. Dari arah Jalan Embong Malang dari sekitar Mall Tunjungan Plasa dan belok  ke kanan lalu masuk ke Jalan Blauran. Dari traffic light Blauran lurus ke Jalan Bubutan. Sampai di traffic light lagi tetap lurus sambil melewati Tugu Pahlawan di sebelah kanan. Ikuti saja tanda House of Sampoerna belok kiri ke Jalan Indrapura. Kurang lebih 2.500 meter lagi dengan terus mengikuti tanda ke House of Sampoerna, sampailah di lokasi.

Jika memilih lewat Jalan tol dari bandara Juanda atau kota-kota lain di luar Surabaya yang dekat dengan jalan tol, jarak ke House of Sampoerna kurang lebih 6,3 km. Dari jalan tol Gresik ( Tanjung Perak ) keluar di Pasar Turi/Gresik lalu masuk ke Jalan Raya Dupak. Sampai ketemu di traffic light, terus lurus masih di Jalan Raya Dupak.

Setelah itu sekitar 1.250 meter melalui rel kereta api (KA) dan persimpangan jalan lainnya tetap ambil arah lurus ke Jalan Tembaan. Pada persimpangan jalan besar, belok ke kiri ke Jalan Bubutan. Sampai persimpangan jalan raya besar bertemu traffic light lagi. Tetap lurus melewati Tugu Pahlawan di kanan. Ikuti tanda House of Sampoerna lalu belok ke kiri ke Jalan Indrapura. Kurang lebih 2.500 meter lagi dengan terus mengikuti  semua tanda ke wisata House of Sampoerna, akan sampai ke lokasi.

Surabaya Heritage Track (SHT)

Wisata House of Sampoerna menyediakan tur keliling gratis ke sejumblah destinasi  di Surabaya, seperti ke Tugu Pahlawan dan Taman Surya. Berikut tur gratis di buat sebagai jadwal berikut:

Selasa – Kamis tur pendek dengan rute House of Sampoerna – Tugu Pahlawan – House of Sampoerna pada:

  • Pukul. 10.00 – 11.30 WIB
  • Pukul 13.00 – 14.30 WIB
  • Pukul 15.00 – 16.30 WIB.

Jumat – Minggu long tur dengan rute House of Sampoerna – Taman Surya – House of Sampoerna pada:

  • Pukul. 09.00 – 11.00 WIB
  • Pukul 13.00 – 14.30 WIB
  • Pukul 15.00 – 17.00 WIB.
Did You Know:

Under 18 Year Forbidden:

  • Wisata House of Sampoerna merupakan museum perusahaan rokok.
  • Pengunjung di bawah usia 18 tahun dilarang masuk, kecuali dibawah pengawasan orang tuanya.
  • Pengunjung dalam jumblah 25 orang ke atas juga harus membuat pemberitahuan tertulis satu minggu sebelumnya kepada pengelola House of Sampoerna.
  • Gratis tidak dipungut biaya dalam bentuk apapun di kawasan House of Sampoerna, mulai dari tempat parkir, masuk ke Museum, dan Art Gallery, sampai penggunaan SHT, semuanya gratis.
  • Selama di House of Sampoerna pengunjung di temani pemandu wisata yang sangat ramah dan siap memberikan semua informasi mengenai House of Sampoerna baik dalam bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris.
  • Sejak 9 Juni 2009, House of Sampoerna juga menyediakan angkutan bis tamasya gratis ke tempat-tempat bersejarah di Surabaya lainnya yang popular dengan nama Surabaya Heritage Track (SHT) bagi pengunjung.
  • Penggemar fotografi boleh mengambil gambar dan video di sekitar kawasan House of Sampoerna untuk kebutuhan pribadi.
  • Untuk pengambilan gambar foto atau video dengan tujuan khusus seperti acara pertunangan atau pernikahan, anda harus mendapat persetujuan dari pihak pengelola House of Sampoerna.
Sumber Refferensi :

https://travel.kompas.com/read/2018/09/02/190000627/5-hal-yang-bisa-dilakukan-di-museum-house-of-sampoerna-surabaya?page=all

https://id.wikipedia.org/wiki/House_of_Sampoerna

Itulah berbagai informasi terkait Wisata House of Sampoerna, semoga bisa bermangfaat dan bisa menjadi refferensi wisata buat anda. Simak juga berbagai ulasan tempat wisata yang menarik lainnya di Kota Surabaya di halaman Sewa Mobil Surabaya atau bisa kunjungi kami di sewamobilyuliatrans.com.

Please follow and like us:

Related posts

× WA kami...